Sedekah Unik ‘Pending Bakso’, Cara Beramal Inspiratif

Sedekah memberi makan kepada fakir miskin bisa dilakukan dengan cara unik ‘pending bakso’.

StatusPagi.com – Bersedekah atau beramal tidak perlu menunggu kaya. Bersedekah ternyata juga dilakukan dengan cara yang unik. Contohnya sedekah yang diberi nama ‘pending bakso’ ini.

pending bakso

Sedekah pending ini pada prinsipnya bisa diterapkan tidak hanya pada bakso, tapi bisa  juga Pending Warteg, Pending Gado Gado, Pending Soto atau yang lainnya.

Konsep dari sedekah pending ini sebenarnya sederhana saja. Orang yang hendak bersedekah makanan, memberikan uang lebih kepada pemilik kedai bakso atau soto dengan harapan uang lebih itu di ganti dengan seporsi bakso atau soto untuk mereka yang kurang mampu.

Ilustrasinya, ada dua orang datang ke sebuah kedai bakso. Mereka memesan 2 porsi bakso, sementara sisanya 3 porsi bakso di pending terlebih dahulu. Kedua orang itu kemudian menyantap 2 porsi bakso yang mereka pesan, tetapi membayar untuk 5 porsi bakso.

Pemilik kedai bakso kemudian menunggu kedatangan ‘pelanggan istimewa’ lainnya, yakni orang yang kekurangan tidak mampu membeli seporsi bakso. Pelanggan istimewa ini akan bertanya kepada pemilik kedai, “Apakah ada pending bakso?”.

Pemilik kedai akan mengiyakan dan memberikan seporsi bakso untuk ‘pelanggan istimewa’ tersebut. Pemilik kedai akan menunggu ‘pelanggan istimewa’ lainnya karena masih ada 2 porsi pending bakso lagi.

 

Sedekah pending ini ternyata bukan hal baru lho. Sedekah dengan cara ini pertama kali dikenalkan di Napoli, Italia. Orang memesan makanan lebih banyak tetapi tidak semua makanan tersebut disantap, namun dipending untuk orang yang tidak mampu. [via Brilio]


Kategori : Hikmah, Sosial Media diterbitkan Jumat, 7 Agustus, 2015 oleh Siti Sofiati